PERJALANAN ARWAH MU’MIN SETELAH MENINGGAL DUNIA

MOHON MAAF, BLOG SAYA SUDAH BERPINDAH KE ALAMAT dwikusuma.com Apabila Anda ingin komentar anda mendapat tanggapan dari saya, silahkan kunjungi dwikusuma.com  kita akan berjumpa lagi di blog tersebut.

Hari ini, tepat 40 hari meninggalnya tante saya tersayang, tante yang selalu mendoakan dan tidak pernah lelah memberikan nasehat kepada keponakannya yang secara usia sudah dewasa ini.

Senin, 11 maret 2013, adik kandung dari ibu saya meninggalkan dunia ini setelah selesai menunaikan ibadah umroh ke tanah suci tanggal 28 Februari 2013 bertepatan dengan hari ualang tahun saya.. Kemudian kembali pulang ke tanah air tanggal 8 maret 2013 dengansehat,  lancar dan selamat. Memang masalah jodoh,rejeki, hidup dan mati adalah rahasia Allah SWT.

Masih jelas dalam ingatan saya, pada tanggal 15 Februari 2013 saat saya menghadiri rakernas Kementerian Pekerjaan Umum di Jakarta, menjadi pertemuan terakhir saya dengan almarhumah. Saat itu, kamis malam saya berangkat dari Cepu menuju Jakarta dengan kereta api. Tepat Jum’at pagi kedatangan saya disambut oleh almarhumah tante, sepupu dan sahabat saya di Stasiun Gambir, Jakarta. Bahkan pada saat rakernas berlangsung almarhumah denga tulus menunggui saya hingga acara selesai. Kemudian diantara jeda waktu perjalanan dari Kementerian Pekerjaan Umum menuju Stasiun Gambir untuk kepulangan saya kembali, kami berempat menyempatkan untuk ibadah sholat di Masjid Istiqlal, Subhanallah… Kenangan manis yang tidak akan pernah saya lupakan..

15 Februari 2013

Gambar 1. Almarhumah tante, sepupu, saya dan sahabat di Jakarta 15 Februari 2013

Alangkah tidak  bijak jika saya menulis dengan  membawa nama almarhumah, dan hanya memancing rasa haru kepada pembaca. Maka saya mencoba menulis tentang perjalanan arwah mu’min setelah meninggal dunia, semoga memberikan manfaat bagi kita.

Dalam riwayat Al Barro bin Azib Rasulullah SAW bersabda: “Berlindunglah kepada Allah SWT dari azab kubur! sesungguhnya seorang hamba yang beriman apabila “sakaratul maut” turunlah dua malaikat dengan wajah putih bersih membawa kain kafan dengan wewangian surga, mereka duduk di sisi kanan-kiri sejauh mata memandang, kemudian datang malaikat pencabut nyawa duduk di sebelah kepala dan berkata: “Wahai jiwa yang tenang, keluarlah menuju keampunan dan keridhoan Allah SWT, Maka keluarlah arwah seperti tetesan air dari bibir seperti orang sedang minum. Para Malaikat membawa roh ke langit 1-7 di tiap pintu langit para penghuni mengucapkan salam dan Allah SWT berfirman: “tulislah kitab hamba Ku ini di illiyin dan kembalikanlah ke bumi, kemudian arwah turun menuju alam kubur/barzah, di sana Malaikat Munkar dan Nakir menunggu untuk menanyai: Siapa Tuhanmu? Apa Agamamu? Siapa lelaki yang diutus untuk umatmu? Apa ilmumu? Setelah lulus azab kubur, terdengarlah suara dari langit : Karena kebenaran hamba-Ku maka bentangkanlah permadani jalan menuju surga. Berilah pakaian dan wewangian surga, bukalah sebuah pintu di surga. maka terciumlah wewangian surga dan dilapangkan kuburnya sejauh mata memandang. Dan datanglah seorang pemuda tampan berbaju indah dan berkata: berbahagialah engkau di hari yang telah Allah SWT janjikan. Mu’min yang telah meninggal berkata: Siapakah engkau? Pemuda tersebut berkata: Aku adalah amal baikmu ketika masih di dunia.

Arwah akan masuk ke jasadnya di alam kubur/barzah untuk mendapat nikmat/azab kubur terus menerus hingga kiamat.

Bagaimana kondisi/keadaan arwah orang yang meninggal tapi belum melunasi hutang?
Allah SWT berfirman dalam QS Al Baqorah ayat  280 : ” Dan jika orang yang berhutang dalam kesukaran maka berilah tangguh/ untuk sampai diberi kelapangan. Dan mensedekahkan sebagian/semua hutang itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui”

Rasulullah SAW bersabda dalam (HR Tirmidzi): “Roh seseorang menggantung antara bumi dan langit (tertahan di pintu alam barzah) sampai hutang-hutangnya terbayar/terlunasi”

Rasulullah SAW bersabda dalam (HR Tirmidzi): ” Sesungguhnya Allah SWT cinta/ suka kepada hamba yang tawakal (berusaha dan berdoa). Barang siapa bersusah payah mencari nafkah untuk keluarga maka hal itu serupa dengan seorang mujahid si sabilillah (berjuang di jalan Allah SWT)”

Rasulullah bersabda: Kesombongan adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain. Orang yang telah meninggal merasa senang kepada orang yang menziarahi/mendoakannya.

Rasulullah bersabda dalam kitab Al Qubur: “Sungguh bahagia penghuni kubur jika ada sanak saudaranya yang datang menziarahi dan mendoakannya hingga ia bangkit dari duduk di kuburan”.
Orang yang telah meninggal mengetahui perbuatan sanak saudaranya, mereka sedih jika saudaranya berbuat dosa.

Rasulullah bersabda dalam (HR Ahmad): “ Sesungguhnya perbuatan kalian diperlihatkan kepada karib kerabat dari keluarga kalian yang telah meninggal, mereka memohon ampunan pada Allah SWT: Ya Rabb.. Janganlah Engkau ambil mereka sampai Engkau memberikan hidayah seperti Engkau memberi hidayah kepada kami”

Kehilangan sanak keluarga adalah hal yang harus kita lalui dalam perjalanan hidup di dunia ini. Rasa sakit karena kehilangan sosok yang kita sayangi, rasa rindu yang tidak akan pernah terbayar dengan pertemuan adalah rasa yang akan sering timbul. Dari sedikit uraian yang saya tulis di atas, marilah kita menata diri, bangkit dari kesedihan, sekarang saatnya kita untuk mendoakan orang yang kita sayangi tersebut supaya diberikan surga, tempat yang layak di sisi Allah SWT sesuai amal ibadahnya, diampuni dosanya dan dijauhkan dari azab kubur. Aamiiin… Aamiiiin… Aamiiiin… Ya Rabbal alamiin…

3 thoughts on “PERJALANAN ARWAH MU’MIN SETELAH MENINGGAL DUNIA

  1. Terima kasih tulisan Anda yang memenuhi kepuasan saya. Malam tadi, sebagai penceramah, saya ditanya tentang arwah orang yang sudah meninggal. Penanya menanyakan apa benar arwah orang jahat adakalnya muncul ke bumi sebagai binatang dan sebagainya. Saya dengan terus terang menjawabnya bahwa yang demikian di luar jangkauan saya. Alhamdulillah, tulisan Anda banyak sekali membantu. Sekali lagi terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s