KHASIAT BUAH JERUK NIPIS

Berkumpul bareng ibu-ibu ternyata banyak ilmu bermanfaat yang diperoleh.  Ilmu obat herbal alami. Bermula hujan deras sehingga saya harus menjemput ibu dari kumpulan arisan di kampung. Tidak langsung pulang, saya ngobrol sebentar dengan ibu-ibu tersebut.  Pembicaraan asik sekali mengenai obat herbal alami yang sudah jarang digunakan di jaman sekarang. Meski dibilang kuno, ternyata ramuan turun temurun nenek moyang ini terbukti mujarab, Insya Allah…

Bintang dari pembicaraan tersebut adalah Jeruk Nipis dalam bahasa latin disebut Citrus Aurantifolia Swingle. Buah kecil dengan kulit hijau saat belum matang yang akan berubah kekuningan saat matang  tersebut ternyata menyimpan banyak khasiat sebagai  ramuan obat tradisional.

Jeruk Nipis

Gambar 1. Jeruk Nipis

Obat Batuk Secara Umum

Bahan : Satu Buah jeruk nipis, kecap dan madu secukupnya

Cara membuat ramuan : Jeruk dipotong dan diperas diambil airnya, kemudian dicampur dengan kecap dan madu sama banyaknya. aduk sampai rata. Minumkan pada penderita sehari sekali satu sendok makan. Apabila untuk anak-anak, tiga kali sehari satu sendok teh.

Penyakit Batuk Tanpa Demam

Bahan : Jeruk nipis dan madu

Cara membuat ramuan : Jeruk nipis dipotong dan diperas diambil airnya. Kemudian tambahkan madu sebanyak perasan air jeruk. Aduk kedua bahan hingga tercampur rata. Minum tiga kali sehari dengan dosis satu sendok makan untuk orang dewasa dan setengah sendok teh untuk anak-anak.

Madu

Gambar 2. Madu

Obat Batuk disertai Pilek

Bahan : Satu buah Jeruk Nipis, Minyak Kayu Putih dan Kapur Sirih

Cara membuat ramuan : Jeruk nipis dipotng dan diperas diambil airnya. Tambahkan minyak kayu putih dan kapur sirih sebanyak perasan air jeruk. Setelah ketiga bahan tercampur oleskan pada dada, leher dan punggung penderita.

Sakit Demam Pada Anak-anak

Bahan : satu jeruk nipis, tiga siung bawang merah, satu siung bawang putih, satu sendok minyak kelapa dan garam secukupnya.

Cara membuat ramuan: Jeruk nipis dipotong dan diperas diambil airnya. Bawang merah dan bawang putih diparut kemudian ditambahkan garam dan minyak kelapa, aduk hingga tercampur rata. Campurkan air jeruk nipis dan parutan bawang yang telah tercampur dengan minyak kelapa dan garam tadi. Kompreskan secara merata pada dahi terutama ubun-ubun.

Obat Panas, Menggigil, Dingin

Bahan : Satu jeruk nipis, setengah pelepah daun pepaya, kencur satu ruas ibu jari.

Cara membuat ramuan: Jeruk nipis dibelah dicampur dengan daun pepaya dan kencur (dimemarkan). Ketiga bahan direbut dengan tiga gelas air. Rebus ramuan tersebut hingga tersisa satu gelas dan saring airnya untuk diminum tiga gelas sehari sebanyak setengah gelas.

Obat Pelepas Dahaga

Jeruk nipis dipotong diperas, ambil airnya. Campurkan dengan air satu gelas. Tambahkan gula secukupnya, aduk hingga merata. Sajikan hangat atau dingin sesuai selera.

Demikan, hasil ngumpul bareng dengan ibu-ibu.. Semoga bermanfaat…

Note : Jadilah pembaca yang baik, jika anda menganggap tulisan saya bermanfaat silahkan dicopy atau anda sebar luaskan. Tentunya tetap mencantumkan sumbernya. Hargailah kekayaan intelektual seseorang, maka orang lain pun akan menghormati anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s