POTENSI BETA KAROTEN LABU KUNING DAN PENGEMBANGAN PRODUKNYA DALAM MENDUKUNG KESEHATAN

Tanaman labu kuning ( Cucurbita moschata) yang juga dikenal dengan mana labu parang adalah sejenis tanaman sayuran buah yang tumbuh menjalar. Buahnya memiliki daya awet tinggi dengan aroma dan cita rasa yang khas. Dari segi nutrisi labu kuning menupakan sayuran yang diteliti banyak mengandung beta karoten (provitamin A) yang berperan sebagai antioksidan,  disamping komponen nutrisi lainnya seperti karbohidrat, protein, lemak, serat dan mineral.

Labu Kuning

Gambar 1. Labu Kuning Sumber Beta Karoten

Beta Karoten di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A yang bermanfaat bagi kesehatan, yaitu untuk  _pertumbuhan, pemeliharaan, jaringan tubuh seperti penglihatan, reproduksi, perkembangan janin serta untuk mengurangi resiko timbulnya penyakit hati dan kanker. Vitamin A sebagai salah satu mikronutrien juga berperan penting dalam mempertahankan sistem kekebalan tubuh sehingga asupan vitamin  A perlu direkomendasikan menjadi asupan vitamin A harian Indonesia (angka kecukupan gizi/AKG) yang harus dikonsumsi sedini mungkin sejak masa kanak-kanak umur 6 hingga 5 tahun.

Komposisi Nutrisi

Tanaman labu kuning mempunyai daun lebar, kasar dan berbulu. Ukuran labu kuning dibedakan atas tiga kelompok yaitu labu kecil (kurang dari 2,5 kg) labu besar (2,5 Kg hingga 10 Kg ) dan labu sangat besar ( > 10 Kg). Bentu labu kuning bermacam-macam ada yang berbentuk bulat, bulat gepeng, lonjong, oval atau seperti botol. Buah labu kuning terdiri  atas bagian-bagian kulit 12,5 %, daging buah 81,2%, jaring-jaring biji dan biji 4,8%. Kulit labu kuning yang masih muda berwarna hijau segar, setelah membesar dan tua warnanya berubah hijau kekuning-kuningan hingga berubah menjadi kuning jika sudah kering. Daging buah yang sudah tua berwarna kuning hingga orange menunjukkan kadar beta karoten yang tinggi serta merupakan sumber kalori.

Unsur karbohidrat dalam labu kuning adalah dalam bentuk pati, gula, pektin dan selulosa. Dua unsur terakhir terdapat pada dinding sel, terutama bagian kulit. Selain air dan karbohidrat, labu juga mengandung beberapa vitamin, mineral. dan sedikit lemak.

Tumpukan Labu Kuning

Gambar 2. Tumpukan Labu Kuning

Vitamin A Dalam Labu Kuning

Jika dibandingkan Ubi jalar, wortel, mangga dan bayam, kadar vitamin A yang terdapat dalam takaran setengah cangkir labu kuning sangatt besar, yaitu 27019 IU. Vitamin A adalah salah satu gizi yang sanagt diperlukan pleh tubuh dan berguna untuk kesehatan mata agar dapat melihat dengan baik . Vitamin A juga berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dalam meningkatkan daya tahan dalam melawan penyakit. Vitamin A diperlukan seumur hidup oleh tubuh manusia, diantaranya perkembangan janin, reproduksi, pertumbuhan, pemeliharaan jaringan tubuh dan fungsi penglihatan.

Cake Labu Kuning

Gambar 3. Cake Labu Kuning

Dewasa ini, pemanfaatan labu kuning di Indonesia adalah sebagai makanan berbentuk kolak, dodol, cake, egg roll, kue kering, dikukus sebagai hidangan pendamping nasi atau diolah sebagai sayuran. Di negara-negara maju, labu kuning sudah merupakan bahan baku industri pembuatan selai, jelly, buah kalengan, mie, manisan, permen dan produk setengah jadi berupa tepung yang dapat diolah  menjadi berbagai macam produk makanan. Dengan berkembangnya kreatifitas peluang bagi labu kuning menjadi alternatif sumber vitamin A sangat luar biasa untuk mendukung peningkatan kesehatan bagi masyarakat. Mudah diperoleh, murah harganya dan proses pengolahannya pun sederhana, semoga setelah mengetahui manfaat dari labu kuning, kita dapat memanfaatkannya untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan keluarga.

Sumber:

Yuilani S, EY Purwani, S Usmiati, H Setiyanto dan R Thahir, Penelitian Pengembangan Teknologi Pengolahan Pangan Berbasis Sagu, Sukun dan Labu Kuning, Balai Penelitian dan Pengembangan Pasca panen Pertanian, BAdan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, 2004

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s