SEKELUMIT ANALISIS BEBAN GEMPA PADA PROGRAM SAP 2000

MOHON MAAF, BLOG SAYA SUDAH BERPINDAH KE ALAMAT http://www.dwikusuma.com Apabila Anda ingin komentar anda mendapat tanggapan dari saya, silahkan kunjungi http://www.dwikusuma.com  kita akan berjumpa lagi di blog tersebut.

Tidak terasa, sudah lama saya tidak menulis di blog. Bahayanya ketika merekomendasikan teman untuk berkunjung ke blog ini, saya hampir lupa alamatnya. Waduh, kacau (tepuk dahi).

Beruntung, hari ini datang seorang teman untuk asistensi. Perbincangan mengenai analisis gempa menggunakan program SAP 2000. Menarik sekali, teman saya ini memang tergolong pandai dan pede. Bahasanya cukup tinggi, terkadang membuat saya tersenyum. Tetapi saya menangkap, sepertinya kurang memahami cara SAP 2000 dalam menganalisis beban gempa. Alhamdulillah, saya mendapat dorongan untuk menulis lagi.

Dalam SAP 2000, analisis bebsn gempa dapat dihitung dengan 3 metode yaitu analisis statik ekuivalen, Response spektrum  dan Time History.

Dalam metode statik ekuivalen, tanah dasar dianggap tidak bergetar dan beban gempa diekuivalensikan menjadi beban lateral statik yang disebar pada elemen-elemen gedung. Faktor-faktor yang  mempengaruhi perhitungan adalah beban nominal, wilayah gempa, jenis tanah, respon spektrum gempa rencana, wsktu getar alami fundamental, faktor keutamaan dan faktor reduksi.

Dalam metode response spektrum, spketrum respons disusun berdasarkan respons terhadap percepatan tanah beberapa rekaman gempa. Spektrum design merupakan representasi gerakan tanah akibat getaran gempa yang pernah terjadi untuk suatu lokasi. Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan untuk pemilihan design spectrum adalah besar skala gempa, jarak lokasi ke pusat gempa, mekanisme sesar, jalur rambatan gelombang gempa dan kondisi tanah lokal (Chopra,1995)

Selanjutnya, perhitungan respon dinamik struktur gedung tidak beraturan terhadap pengaruh gempa rencana juga dapat dihitung dengan metode analisis dinamik 3 dimensi berupa analisis respons dinamik linear dan non linier riwayat waktu ( time history) dengan suatu akselerogram gempa yang fiangkakan sebagai gerakan tanah ( Ground Motion) masukan.

Nah, jika anda masih berpikir menghitung gempa dengan SAP 2000 tidak bisadam membuat kita hanya gigit jari, saya sarankan untuk membeli buku tentang SAP 2000 edisi analisis gempa, kemudian mempelajarinya lebih mendalam.

Semoga bermanfaat.

Sumber :

Chopra, A.K, 1995, Dynamic  of Structures Theory and Application to Earthquake Engineering, Prentice-Hall, New Jersey

Satyarno I, Nawangalam P, Pratomo Indra R, 2012, Belajar SAP 2000  Analisis Gempa, Zamil Publishing, Yogyakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s