Grontol Jajanan Tradisional Kaya Manfaat

 Libur akhir pekan rutinitas ke pasar untuk belanja menjadi hal penting bagi saya karena pada saat hari kerja sangat sulit menyempatkan waktu. Tuntutan bekerja di lapangan menyita waktu saya untuk berbelanja ke pasar. Pagi ini, ibu saya berpesan untuk membeli jajanan grontol jika di pasar menjumpainya.

GrontolGambar 1. Grontol Jajanan Tradisional

Grontol adalah jajanan tradisional dengan bahan baku berasal dari jagung. Biji jagung yang telah dipipil kemudian dikukus. Setelah matang, ditaburi parutan kelapa. Untuk menambah rasa, bergantung selera, jika menyukai asin dapat ditambahkan sedikit garam, jika menyukai manis dapat ditambahkan sedikit gula kemudian dicampur merata. Jajanan ini biasanya dibungkus dengan daun pisang atau  plastik. Harga per porsinya sangat terjangkau. Di pasar tradisional di tempat saya, per bungkus dijual dengan harga Rp. 500,00. Harga yang sangat murah untuk mendapatkan banyak manfaat positive dari olahan jagung.

Beberapa manfaat jagung adalah:

1. Serat dalam jagung sangat bermanfaat untuk memperbaiki pencernaan, sehingga dapat menurunkan resiko kanker usus.

2. Kaya mineral. Kandungan magnesium, tembaga besi, dan fosfor yang ada dalam bulirnya sangat bermanfaat untuk tulang  dan meningkatkan fungsi ginjal.

3. Jagung kaya akan antioksidan yang membantu dalam menjaga kulit agar awet muda.

4. Vitamin B dan asam folat yang dalam bulir jagung dapat meningkatkan sel darah merah yang berkurang karena seseorang terkena penyakit anemia.

5. Vitamin C, karotenoid dan bioflavinoids yang terkandung dalam jagung manis menjaga jantung Anda tetap sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

6. Jagung  bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan bayi. Ini mencegah bayi kekurangan berat badan dan menghindari dari cacat lainnya.

Dengan mengkonsumsi karbohidrat non beras diharapkan kita dapat mengambil manfaat yang lebih variatif dari beragam sumber pangan lokal yang tersedia di daerah untuk meningkatkan kesehatan keluarga dengan biaya yang terjangkau.

Sumber :

Arif Muhajir, kompasiana

One thought on “Grontol Jajanan Tradisional Kaya Manfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s